Pada saat ini, manusia sadar atau tidak sadar
, suka berpikir secara kuantitatif. Tentunya keputusan diambil atas dasar hasi
analisis dan interpretasi data secara kuantitatif. Peranan metode statistik
dalam pengambilan keputusan secara ekonomis di perusahaan-perussahaan semakin
besar. Sebagai contooh pimpinan perusahaan menggunakan metode statistika dalam
proses pengambilan keputusan-keputusan di antaranya meliputi pembelian bahan
penentuan jumlah produksi, pengawasan administrasi, penaksiran volume penjualan
di masa mendatang.
Penggunaan metode statistika dalam
perusahaan-perusahaan besar di antaranya di bidang produksi, akuntansi,
pemasaran. Penggunaan statistika dalam proses produksi berkaitan erat dengan
pengawasan kualitas, pengawasan terhadap efisiensi kerja dan tes terhadap
metode atau produk baru. Sebagian besar guna statistika di bidang akuntansi
berkaitan dengan penilaia tentang aktiva perusahaan. Penggunaan statistika
dalam bidang pemasaran ini berhubungan erat dengan analis penjualan, analisis
pasar dan analisis pasar. Pada hakekatnya, ketiga anlisis tersebut ditujukan
untuk menaksirkan potensi penjualan di masa yang akan datang.
Uraian di atas hanyalah salah satu contoh
penggunaan metode statistika. Dengan demikian apa saja yanng dapat diukur secara
kuantittif selalu menimbulkan kebutuhan guna mengevaluasi data kuantitatif.
Evaluasi itu membutuhkan pengetahuan statistika yang cukup baik.
(Sumber: Pengantar Metode Statistika Jilid I, LP3ES)
No comments:
Post a Comment